zwani.com myspace graphic comments
Myspace Islam Graphics
KHAIRUNNAS ANFA'UHUM LINNAS



Sunday, March 10, 2013
TIPS SUKSES DI OLIMPIADE KEILMUAN

Menjadi Juara suatu kompetisi merupakan kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Apalagi sampai mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional. Hal itu membuktikan bahwa sebagai Negara berkembang, Indonesia pun memiliki SDM yang luar biasa dan tidak kalah bersaing dengan Negara maju lainnya. Ditambah lagi jika yang mengharumkan nama bangsa itu seorang muslim. Maka, kompetisi tersebut bisa menjadi sarana dakwah baginyaSmile

Salah satu ajang kompetisi yang cukup bergengsi dikalangan siswa adalah olimpiade keilmuan, seperti OSN, lomba mapel, lomba cerdas cermat, dll. Berbagai cara dilakukan oleh sekolah untuk meraih prestasi sebanyak-banyaknya dalam kompetisi ini, mulai dari bekerja sama dengan lembaga khusus pelatihan olimpiade, mengadakan pelatihan rutin tiap minggunya oleh guru sekolah, dll. Memang untuk memaksimalkan prestasi, diperlukan suatu teamwork antara pihak sekolah dan siswa agar mampu bersaing dengan sekolah lainnya.

Berikut beberapa tips untuk meraih sukses di ajang olimpiade keilmuan menurut saya:

1.   Untuk sekolah:

a. Proses penyeleksian. Utamakan siswa yang memiliki minat atau menyukai pelajaran tsb, lalu yang berbakat. Mengapa mendahulukan minat? Karena kompetisi ini butuh ketekunan. Jika ia suka pelajaran itu, ia pasti bersemangat dan tidak mudah bosan meski harus belajar lebih rajin daripada teman-temannya. Sehingga, tanpa disuruh pun ia sadar bahwa ia harus berlatih sendiri di luar sekolah.

b.   Kepercayaan dan dukungan. Terkadang, sekolah tidak mau mengirim utusan di ajang olimpiade karena takut kalah. Masalahnya, bagaimana bisa menang sementara anda tidak memberi kesempatan siswa untuk mencobaHurmph. Jika diberi pilihan antara menang atau kalah, semua orang pasti maunya menang. Begitu juga dengan siswa, ia pasti bersemangat karena ingin menang, terlebih jika dipercaya dan didukung oleh gurunya. Jujur saja, dulu saya tidak yakin dengan kemampuan saya (karena memang bakat utama saya bukan di matematika). Tetapi entah mengapa guru matematika SMP saya saat itu percaya pada saya meski berkali-kali kalah di olimpiade. Karena terus-menerus dipercaya dan didukung, saya mulai percaya diri dan berhasil meraih prestasi di matematika hingga saat ini. Kalau gurunya sendiri tidak percaya bahwa siswanya bisa, bagaimana siswa tersebut memaksimalkan prestasinya? Ia tidak percaya diri dan cenderung malas karena yakin akan kalah. Kepercayaan dan dukungan dari guru akan meningkatkan semangat dan rasa percaya diri siswa

 

2.   Untuk siswa:

a. X-Factor. Bukan acara tv ya, maksudnya adalah faktor2 di luar diri anda. Memang, olimpiade ini sulit, tetapi ingatlah bahwa bersama kesulitan ada kemudahan. Itulah janji Tuhan kita, Allohurrahman. Karena itu, iringilah usaha dengan ibadah dan do'a. Jaga kesehatan dan ingatlah untuk minta doa orang2 di sekitar anda, terutama orang tua.

b. Kenalilah macam-macam olimpiade dan tipe soalnya. Ada olimpiade ilmu murni seperti matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, komputer, astronomi, kebumian (geologi), dan mulai thn 2013 ini ada cabang baru di osn, yaitu geografi. Adapula olimpiade ilmu terapan seperti olimpiade sains kedokteran, statistik, akuntansi, programming, dll. Ajangnya pun beragam, mulai dari OSN, lomba mapel, hingga lomba-lomba yang diselenggarakan pihak perguruan tinggi. Masing-masing punya tipe soal yang berbeda, ada yang diambil dari materi sekolah, analisis masalah dan diluar materi sekolah, praktikum, presentasi analisis, essay, dsb. Tipe-tipe ini perlu dikenali agar sebelum menghadapi suatu olimpiade, kalian punya bayangan tipe soal yang akan keluar dan apa yang perlu dipersiapkan  sehingga persiapan lebih matang

c.  Punya buku pegangan olimpiade minimal 1. Selain itu, rajinlah download soal agar bisa latihan menguasai berbagai tipe soal

d.  Rajinlah latihan sendiri dan ikut latihan khususnya. Ingat, kompetisi ini membutuhkan ketekunan. Anda tidak bisa menunggu sampai ada yang melatih anda. Jika ada latihan khusus, ikutilah dengan serius. Jika tidak ada, tidak usah mengeluhkan keadaan karena memang tidak ada gunanya. Lebih baik, anda terus berusaha keras mencapai kesuksesan anda.

e. curilah waktu guru. Tandai dulu soal dan materi yang sulit dan tidak anda pahami. Lalu, saat di sekolah, anda bisa mencuri waktu senggang guru anda untuk bertanya dan minta diajari materi tersebut. Asalkan tidak mengganggu waktu istirahat dan kerja beliau, saya yakin beliau senang melihat siswanya yang sangat antusias dengan pelajaran beliau

f.  Lebih baik fokus di 1 bidang ilmu. Memang tidak salah jika mendalami semua ilmu. Tetapi untuk kali ini, ada baiknya fokus di 1 bidang saja agar penguasaan soal anda lebih maksimal dan juga memberi kesempatan bagi teman anda untuk bersama-sama mengharumkan nama sekolah

g.  Latihlah mental dan penguasaan soal dengan sering mengikuti olimpiade. Deg-degan itu wajar, tapi ada baiknya memanajemen diri agar tidak terlalu nervous di olimpiade. Sering-seringlah ikut olimpiade untuk melatih mental sehingga terbiasa dan mengurangi nervous untuk olimpiade selanjutnya. Semakin sering mengikuti olimpiade, kita akan semakin mengenal dan menguasai berbagai tipe soal olimpiade. Setelah hasilnya keluar, evaluasi hasil tersebut, dan catat materi apa yang sekiranya masih belum dikuasai. Dengan begitu, kita akan lebih siap menghadapi olimpiade berikutnya


Man jadda wajada, kalimat biasa tapi bermakna luar biasa. Orang berbakat sekalipun akan kalah dengan orang yang bersungguh-sungguh. Bahkan menurut saya, di ajang seperti olimpiade sains, yang dibutuhkan adalah siswa yang tekun, bukan yang berbakat. So, kalah? Ayolah... ini kan bagian dr proses belajar, itu tandanya kita harus lebih giat belajar. Pelan-pelan, tingkatkan prestasi, perbanyak latihan, dan saya yakin kamu pasti bisa juara. Pemenang atau pecundang adalah pilihan, kalo mau menang bersungguh-sungguhlah, going the extra miles!

Oya, untuk download materi osn bisa mengunjungi lembaga saya: pelatihan-osn.com

Biasanya, OSK sekitar awal april, OSP sekitar Juni, dan OSN Agustus/September

Untuk mahasiswa juga ada OSN pertamina, ON MIPA-PT, dll

Ma'akumunnajahWink


Thursday, December 13, 2012
Dahsyatnya Menjadi Shohibul Qur`an(1)

Subhanallah, baru saja saya menyaksikan para Huffazh yang melantunkan ayat Al-Qur`an dengan fasihnya di salah satu stasiun tv swasta. Mereka merupakan anak Indonesia yang belajar tahfizh ke Palestina selama sebulan. Dalam waktu sesingkat itu, mereka berhasil menghafal Al-Qur`an. Hati saya tergetar mengingat hafalan saya yang telah lebih dari 3 tahun belum selesai juga. Ingatan saya melayang pada sekian banyaknya Hadits tentang keutamaan orang yang menjadi Shohibul Qur`an. Adapula firman Allah SWT yang menyatakan bahwa Allah SWT akan menjaga Al-Qur`an hingga akhir zaman. Berikut beberapa dalil tersebut:



Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya Al Qur`an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar" (QS. Al Isra : 9)

Hadits Nabi: Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu 'anhu berkata: Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bacalah Al Qur`an karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa'at kepada orang yang membacanya"  (HR. Muslim.)

Saudaraku, setelah kita mengetahui fadhilah yang dijanjikan Allah SWT kepada Shohibul Qur`an, sudahkah kita ikut memburu pahala menjadi Shohibul Qur`an? Jika anda masih bingung, berikut saya uraikan cara-cara yang bisa kita pilih untuk menjadi Shohibul Qur`an

1.       Mempelajari & memahami keutamaan Shohibul Qur`an

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al Qur`an dan mengajarkanya" (HR. Bukhori, Abu Daud, dan Tirmidzi)

a.       Belajar cara membaca yang sebenar-benarnya

Sebagai umat Islam, sudah sepatutnya kita mempelajari cara membaca Al-Qur`an yang sebenarnya. Alternatif yang bisa dicoba adalah belajar langsung dari keluarga(orang tua), memanggil guru privat ngaji ke rumah, belajar di lembaga tahsin Al-Qur`an, belajar di Pesantren, memiliki buku tajwid atau Al-Qur`an tajwid (untuk menunjang pembelajaran), mendengar murottal dari HP/MP3/Laptop, dsb.

 

Bisa saja kita merasa bacaan kita sudah benar, padahal sangat mungkin bacaan kita masih jauh dari cara membaca Rasulullah SAW. Seorang guru tahfizh saya bercerita bahwa saat beliau di Mekkah, muslim Mekkah dapat mengenalinya sebagai orang Indonesia dari caranya membaca Al-Qur`an (logat Indonesianya masih jelas gitu). Padahal, beliau pernah menjadi juara MTQ Nasional lho! Akhirnya, beliau kembali berusaha untuk memperbaiki bacaan agar menyerupai logat Arab/Nabi dan berhasil.  Hmm… jawara MTQ aja belum tepat tuh bacaannya, apalagi kita yang biasa aja? Guru saya berkata bahwa cara membaca kita sudah tepat jika orang Arab tidak lagi mendengar logat daerah/Indonesia dari bacaan kita. Di Timur Tengah sendiri biasanya menggunakan sertifikat yang menyatakan seseorang sudah fasih bacaan Al-Qur`annya.

 

b.      Memotivasi Diri dengan Mengingat kisah kesuksesan Shohibul Qur`an

Orang-orang yang menjadi shohibul Qur`an akan meraih keutamaan baik di dunia maupun akhirat. Terbukti dengan banyaknya dalil Al-Qur`an dan Hadits serta bukti ilmiah dan pengalaman banyak orang.

Sebut saja Imam Syafi'i dan Ibnu Sina yang telah menghafal Al-Qur`an sejak kecil. Hasilnya, mereka sama-sama menjadi ulama besar di bidangnya masing-masing. Adapula kisah 10 bersaudara yang menjadi shohibul Qur`an dan mereka semua terbukti berprestasi.

Saya sendiri juga merasakan dahsyatnya nikmat menjadi Shohibul Qur`an. Saat itu, saya sedang menjalani aktifitas sebagai santri. Seperti biasa, setelah Maghrib selalu ada tadarrus Al-Qur`an. Jujur, saat itu saya malas ikut tadarrus karena saat itu mata saya sudah lelah (agak perih gitu, gara-gara ga pake kacamata seharian, padahal mata saya minus & silinder). Tapi, karena wajib, yah... ga pa2 deh, pura2 baca aja, hehe... Tapi, justru dari pura2 itu jadi baca beneran, walhasil baca terus deh sampai Isya. Setelah membaca, mata saya justru terasa sejuk, tidak perih sama sekali, bahkan lebih baik dari biasanya.

Nah... Saudaraku, itulah sedikit dari banyaknya kisah inspiratif Shohibul Qur`an. Saran saya, perbanyaklah membaca buku dan artikel yang mengisahkan dahsyatnya nikmat menjadi Shohibul Qur`an, ikutilah berbagai seminar Al-Qur`an, dan tuliskan kata-kata motivasi di kamar maupun Al-Qur`an anda

 

c.       Menyediakan waktu luang bersama Al-Qur`an

Saudaraku, berapa jam-kah waktu anda di depan tv?  Berapa lama anda menonton 1 film? Adakah lebih lama dari interaksi anda dengan Al-Qur`an? Berapa lama anda menyelesaikan bacaan novel anda? Lebih lama-kah dari mengkhatam Al-Qur`an? Dan pertanyaan terpenting:

ADAKAH 1 HARI DIMANA ANDA TIDAK BERINTERAKSI DENGAN AL-Qur`an SAMA SEKALI???

Jika ada, sungguh hari itu adalah hari yang sangat merugikan diri anda. Segera bertaubat dan aturlah waktu anda sehingga anda sempat berinteraksi dengan Al-Qur`an

 

d.      Berkumpul dengan Shohibul Qur`an lainnya

Carilah sahabat atau kelompok yang mau konsisten menjadi shohibul Qur`an. Paling tidak, buatlah kelompok shohibul Qur`an di rumah/kosan/sekolah anda sehingga dapat memberikan energy positif bagi tiap individu di kelompok tersebut dan juga lingkungan. Cara ini sangat ampuh agar anda tetap istoqomah menjadi shohibul Qur`an

Insya ALLAH SWT, bersambung ke postingan selanjutnya :)

Monday, February 20, 2012
Kuliah Matematika Murni? (Peminatan dalam matematika MIPA)

Sebelumnya, saya pernah membuat postingan Kuliah Matematika Murni? (prospek lulusan matematika non-pendidikan). Lalu, muncullah pertanyaan apa yang dipelajari di jurusan matematika MIPA? Apa saja peminatannya? Berhubung saya mahasiswa tingkat I, wawasan saya memang belum banyak, tapi akan saya jawab semampu saya

Pelajaran matematika tingkat mahasiswa jauh berbeda dengan matematika tingkat siswa. Dari tingkat SD hingga SMA, matematika yang diperkenalkan adalah matematika yang "kaku"Hurmph. Siswa hanya diberi rumus, kemudian dilatih untuk berhitung. Padahal, matematika yang sesungguhnya tidak sekedar berhitung. Berhitung hanyalah bagian kecil dari matematika. Objek dari matematika yang sebenarnya adalah konsep abstrak di pikiran kita. Di bangku perkuliahan, mahasiswa akan diajarkan konsep-konsep dasar matematika yang terdiri dari definisi, aksioma, dan teorema (DAT).

Untuk definisi dan aksioma, mahasiswa cukup memahaminya saja (tapi, harus benar-benar paham, lho!Big Smile).  Untuk  teorema, kita harus mampu membuat pembuktiannya. Disini, kita akan diajarkan metode-metode pembuktian, serta menggunakan definisi dan aksioma yang sudah ada agar suatu teorema terbukti benar. Pada tahap pembuktian inilah kita akan menemukan matematika yang sebenarnya, matematika yang bukan sekedar menghitung tetapi yang benar-benar membutuhkan mathematical intelligence. Pada tahap selanjutnya, kita harus bisa menerapkan konsep-konsep matematika untuk membuat penyelesaian masalah (problem solving).

Karena peminatan matematika tiap PT itu berbeda-beda, jadi saya berusaha mengklasifikasikan sebagai berikut:

1.   Murni

Dalam peminatan ini, mahasiswa akan mengkaji matematika sedalam-dalamnya (penerapannya tidak dipelajari begitu mendalam). Beberapa PT menyebut peminatan ini  analisis & aljabar. Adapula yang memisahkannya menjadi:

a.      Matematika analisis & geometri

Bidang ini menekankan pada pengembangan dasar-dasar matematika dan analisis sehingga mampu mengikuti dan mengembangkan teori-teori baru di Matematika dan ilmu lain

b.      Matematika aljabar & diskrit

Bidang ini menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar-dasar Matematika dan aljabar sehingga mampu mengikuti dan mengembangkan teori-teori baru di Matematika dan ilmu lain. 

Matematikawan dari bidang murni dapat menjadi seorang dosen dan peneliti untuk memecahkan permasalahan bisnis, pendidikan, dan industri. Menurut saya, bidang ini prospek kerjanya sangat bagus, karena bisa masuk ke berbagai industri dan lembaga litbang 

2.   Terapan

Jika disebut peminatan matematika terapan, biasanya yang dibahas masih global. Karena itu, beberapa PT membagi peminatan ini menjadi:

a.      Industri, keuangan  & Aktuaria

Bidang ini mengaplikasikan metode matematika dan statistika untuk menganalisa risiko. Dari sini, akan lahir aktuaris-aktuaris, yaitu para profesional di bidang keuangan dan asuransi yang menganalisa dan menangani dampak ekonomi dari risiko dan ketidakpastian. Untuk itu, lulusan matematika aktuaria harus mengikuti tes sertifikasi aktuaris yang dilaksanakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia. Aktuaris saat ini sangat dibutuhkan dan sangat dicari oleh perusahaan asuransi, perbankan, dan ada juga yang ditempatkan di bag. Keuangan perusahaan dan karyawan kemenkeu

b.      Riset operasi

Riset operasi adalah cabang multi-disiplin dari matematika terapan yaitu pemodelan matematika, statistika dan algoritma untuk memperoleh hasil yang optimal dari sebuah permasalahan nyata. Hasil yang optimal dapat berarti memaksimalkan keuntungan atau meminimalkan kerugian secara tersendiri atau bersamaan. Riset operasi bisa diterapkan pada mesin (misalnya mesin hemat energi), manajemen perusahaan, dll. Industri yang membutuhkan bidang ini diantaranya industri elektronik, mesin, energi, dll

c.       Matematika Ekonomi & Bisnis

Sesuai namanya, masalah yang dibahas disini adalah ekonomi/bisnis  seperti biaya, harga, upah tenaga kerja, permintaan dan penawaran, penghasilan dan laba, produksi dan sebagainya yang diselesaikan dengan menggunakan analisis matematika untuk mendapatkan kesimpulan dan keputusan yg terbaik. Beberapa matematikawan yang mengambil bidang ini sukses menjadi manajer, karyawan bank dan kemendag, konsultan/bussines analysist perusahaan, bahkan ada yang meraih nobel bidang ekonomi

d.      Pemodelan & sistem

Pemodelan Sistem adalah suatu bentuk penyederhanaan dari sebuah elemen dan komponen yang sangat kompleks untuk memudahkan pemahaman dari informasi yang dibutuhkan. Bidang minat ini menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar-dasar Matematika, pemodelan Matematika dan sistem, sehingga mampu mengembangkan dan menerapkannya dalam permasalahan teknik. Industri yang membutuhkan matematikawan pemodelan adalah migas, listrik, dsb.

e.      Matematika kombinatorika

Matematika kombinatorika adalah cabang matematika yang mempelajari pengaturan susunan objek-objek. Aspek-aspek kombinatorika meliputi menghitung objek yang memenuhi kriteria tertentu, menentukan apakah kriteria dipenuhi, menganalisis atau mencari objek yang memenuhi kriteria, menentukan objek "terbesar", "terkecil", atau yang "optimal", dan menentukan struktur suatu objek. Bidang ini bisa digunakan untuk menentukan strategi  dengan memperkirakan peluang. Matematikawan bidang ini bisa jadi konsultan/bussines analysist perusahaan

3.  Statistika

Matematika dan statistika adalah 2 ilmu yang serupa tapi tak sama. Jadi, matematika peminatan statistika mengintegrasikan dasar-dasar matematika dan statistika terapan dengan melakukan pengolahan dan analisa data. Dari data yang ada, akan ditarik kesimpulan dan keputusan untuk menyelesaikan suatu masalah. Matematikawan bidang ini bisa menjadi peneliti, dosen atau bekerja di lembaga-lembaga survei, BPS, dan berbagai perusahaan.

4.   Komputasi/informatika

Bidang ini mengintegrasikan dasar-dasar matematika dan  komputer. Apa bedanya dengan t. informatika? T. informatika lebih kepada pengembangan komputer, sementara matematika komputasi digunakan untuk mencari penyelesaian optimasi suatu masalah dengan membuat pemodelan masalah tersebut , lalu disimulasikan dengan bantuan komputer. Banyak masalah industri, teknik, kesehatan, sains, bisnis, dan ekonomi yang membutuhkan bidang ini. Matematikawan komputasi banyak yang jadi programmer di berbagai perusahaan, ada juga yang jadi peneliti, dosen, bahkan berwirausaha. Menurut saya, prospek bidang ini juga sangat bagus


Jadi, matematika itu nggak selalu ngurusin angka kok!Big Smile Saya aja pernah dapat tugas analisa yang gak ada angkanya sama sekali. Kalo kamu ngerasa punya analisis yang kuat + pengen mengembangkan matematika, silahkan masuk peminatan murni. Kalo kamu suka matematika aplikasi, masuk aja ke matematika terapan. Kalo suka main sama data-data + punya ketelitian yang bagus, kamu cocok banget tuh di matematika statistika.  Bagi yang doyan otak-atik komputer, pemodelan matematika dan pemrograman, pilih aja matematika komputasi. Memilih peminatan/kelompok keahlian biasanya di semester 5. Saran saya, sebelum memilih PT, kamu cek dulu peminatan matematika yang tersedia. Yang saya sebutkan diatas hanyalah sebatas pengetahuan saya, semoga bermanfaat. So? Tunggu apalagi? AYO MASUK MATEMATIKA FMIPA!!!!

sumber: dari berbagai web jurusan matematika PTN/PTS se-Indonesia


Next Page

math-melody
Female
Pekanbaru
My Profile My Profile My name is Utih. I live in PekanBaru, Riau, Indonesia. I'm going to be a mathematician (Insya Allah, Aamiiin).
Let's enjoy this blog, then fill the guest book & write your comment, ok




   

<< August 2017 >>
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31


If you want to be updated on this weblog Enter your email here:



rss feed