zwani.com myspace graphic comments
Myspace Islam Graphics
KHAIRUNNAS ANFA'UHUM LINNAS



Monday, February 20, 2012
Kuliah Matematika Murni? (Peminatan dalam matematika MIPA)

Sebelumnya, saya pernah membuat postingan Kuliah Matematika Murni? (prospek lulusan matematika non-pendidikan). Lalu, muncullah pertanyaan apa yang dipelajari di jurusan matematika MIPA? Apa saja peminatannya? Berhubung saya mahasiswa tingkat I, wawasan saya memang belum banyak, tapi akan saya jawab semampu saya

Pelajaran matematika tingkat mahasiswa jauh berbeda dengan matematika tingkat siswa. Dari tingkat SD hingga SMA, matematika yang diperkenalkan adalah matematika yang "kaku"Hurmph. Siswa hanya diberi rumus, kemudian dilatih untuk berhitung. Padahal, matematika yang sesungguhnya tidak sekedar berhitung. Berhitung hanyalah bagian kecil dari matematika. Objek dari matematika yang sebenarnya adalah konsep abstrak di pikiran kita. Di bangku perkuliahan, mahasiswa akan diajarkan konsep-konsep dasar matematika yang terdiri dari definisi, aksioma, dan teorema (DAT).

Untuk definisi dan aksioma, mahasiswa cukup memahaminya saja (tapi, harus benar-benar paham, lho!Big Smile).  Untuk  teorema, kita harus mampu membuat pembuktiannya. Disini, kita akan diajarkan metode-metode pembuktian, serta menggunakan definisi dan aksioma yang sudah ada agar suatu teorema terbukti benar. Pada tahap pembuktian inilah kita akan menemukan matematika yang sebenarnya, matematika yang bukan sekedar menghitung tetapi yang benar-benar membutuhkan mathematical intelligence. Pada tahap selanjutnya, kita harus bisa menerapkan konsep-konsep matematika untuk membuat penyelesaian masalah (problem solving).

Karena peminatan matematika tiap PT itu berbeda-beda, jadi saya berusaha mengklasifikasikan sebagai berikut:

1.   Murni

Dalam peminatan ini, mahasiswa akan mengkaji matematika sedalam-dalamnya (penerapannya tidak dipelajari begitu mendalam). Beberapa PT menyebut peminatan ini  analisis & aljabar. Adapula yang memisahkannya menjadi:

a.      Matematika analisis & geometri

Bidang ini menekankan pada pengembangan dasar-dasar matematika dan analisis sehingga mampu mengikuti dan mengembangkan teori-teori baru di Matematika dan ilmu lain

b.      Matematika aljabar & diskrit

Bidang ini menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar-dasar Matematika dan aljabar sehingga mampu mengikuti dan mengembangkan teori-teori baru di Matematika dan ilmu lain. 

Matematikawan dari bidang murni dapat menjadi seorang dosen dan peneliti untuk memecahkan permasalahan bisnis, pendidikan, dan industri. Menurut saya, bidang ini prospek kerjanya sangat bagus, karena bisa masuk ke berbagai industri dan lembaga litbang 

2.   Terapan

Jika disebut peminatan matematika terapan, biasanya yang dibahas masih global. Karena itu, beberapa PT membagi peminatan ini menjadi:

a.      Industri, keuangan  & Aktuaria

Bidang ini mengaplikasikan metode matematika dan statistika untuk menganalisa risiko. Dari sini, akan lahir aktuaris-aktuaris, yaitu para profesional di bidang keuangan dan asuransi yang menganalisa dan menangani dampak ekonomi dari risiko dan ketidakpastian. Untuk itu, lulusan matematika aktuaria harus mengikuti tes sertifikasi aktuaris yang dilaksanakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia. Aktuaris saat ini sangat dibutuhkan dan sangat dicari oleh perusahaan asuransi, perbankan, dan ada juga yang ditempatkan di bag. Keuangan perusahaan dan karyawan kemenkeu

b.      Riset operasi

Riset operasi adalah cabang multi-disiplin dari matematika terapan yaitu pemodelan matematika, statistika dan algoritma untuk memperoleh hasil yang optimal dari sebuah permasalahan nyata. Hasil yang optimal dapat berarti memaksimalkan keuntungan atau meminimalkan kerugian secara tersendiri atau bersamaan. Riset operasi bisa diterapkan pada mesin (misalnya mesin hemat energi), manajemen perusahaan, dll. Industri yang membutuhkan bidang ini diantaranya industri elektronik, mesin, energi, dll

c.       Matematika Ekonomi & Bisnis

Sesuai namanya, masalah yang dibahas disini adalah ekonomi/bisnis  seperti biaya, harga, upah tenaga kerja, permintaan dan penawaran, penghasilan dan laba, produksi dan sebagainya yang diselesaikan dengan menggunakan analisis matematika untuk mendapatkan kesimpulan dan keputusan yg terbaik. Beberapa matematikawan yang mengambil bidang ini sukses menjadi manajer, karyawan bank dan kemendag, konsultan/bussines analysist perusahaan, bahkan ada yang meraih nobel bidang ekonomi

d.      Pemodelan & sistem

Pemodelan Sistem adalah suatu bentuk penyederhanaan dari sebuah elemen dan komponen yang sangat kompleks untuk memudahkan pemahaman dari informasi yang dibutuhkan. Bidang minat ini menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar-dasar Matematika, pemodelan Matematika dan sistem, sehingga mampu mengembangkan dan menerapkannya dalam permasalahan teknik. Industri yang membutuhkan matematikawan pemodelan adalah migas, listrik, dsb.

e.      Matematika kombinatorika

Matematika kombinatorika adalah cabang matematika yang mempelajari pengaturan susunan objek-objek. Aspek-aspek kombinatorika meliputi menghitung objek yang memenuhi kriteria tertentu, menentukan apakah kriteria dipenuhi, menganalisis atau mencari objek yang memenuhi kriteria, menentukan objek "terbesar", "terkecil", atau yang "optimal", dan menentukan struktur suatu objek. Bidang ini bisa digunakan untuk menentukan strategi  dengan memperkirakan peluang. Matematikawan bidang ini bisa jadi konsultan/bussines analysist perusahaan

3.  Statistika

Matematika dan statistika adalah 2 ilmu yang serupa tapi tak sama. Jadi, matematika peminatan statistika mengintegrasikan dasar-dasar matematika dan statistika terapan dengan melakukan pengolahan dan analisa data. Dari data yang ada, akan ditarik kesimpulan dan keputusan untuk menyelesaikan suatu masalah. Matematikawan bidang ini bisa menjadi peneliti, dosen atau bekerja di lembaga-lembaga survei, BPS, dan berbagai perusahaan.

4.   Komputasi/informatika

Bidang ini mengintegrasikan dasar-dasar matematika dan  komputer. Apa bedanya dengan t. informatika? T. informatika lebih kepada pengembangan komputer, sementara matematika komputasi digunakan untuk mencari penyelesaian optimasi suatu masalah dengan membuat pemodelan masalah tersebut , lalu disimulasikan dengan bantuan komputer. Banyak masalah industri, teknik, kesehatan, sains, bisnis, dan ekonomi yang membutuhkan bidang ini. Matematikawan komputasi banyak yang jadi programmer di berbagai perusahaan, ada juga yang jadi peneliti, dosen, bahkan berwirausaha. Menurut saya, prospek bidang ini juga sangat bagus


Jadi, matematika itu nggak selalu ngurusin angka kok!Big Smile Saya aja pernah dapat tugas analisa yang gak ada angkanya sama sekali. Kalo kamu ngerasa punya analisis yang kuat + pengen mengembangkan matematika, silahkan masuk peminatan murni. Kalo kamu suka matematika aplikasi, masuk aja ke matematika terapan. Kalo suka main sama data-data + punya ketelitian yang bagus, kamu cocok banget tuh di matematika statistika.  Bagi yang doyan otak-atik komputer, pemodelan matematika dan pemrograman, pilih aja matematika komputasi. Memilih peminatan/kelompok keahlian biasanya di semester 5. Saran saya, sebelum memilih PT, kamu cek dulu peminatan matematika yang tersedia. Yang saya sebutkan diatas hanyalah sebatas pengetahuan saya, semoga bermanfaat. So? Tunggu apalagi? AYO MASUK MATEMATIKA FMIPA!!!!

sumber: dari berbagai web jurusan matematika PTN/PTS se-Indonesia


Posted at 04:02 pm by math-melody

zenna
July 27, 2014   05:48 PM PDT
 
Min, di matematika uin jakarta keuntungan dan kerugiannya apa yaa? Thanks
zenna
July 27, 2014   05:48 PM PDT
 
Min, di matematika uin jakarta keuntungan dan kerugiannya apa yaa? Thanks
Ishak R
July 20, 2014   12:47 PM PDT
 
aq lulus masuk jurusan matematika uin alauddin makassar. sempat daftar di pts karena bingung dengan prospek matematika. tapi setelah mampir ke blog ini saya makin mantap dengan matematika. Makasih atas infonya
Salam kenal N maju terus matematika Indonesia
Name
June 27, 2014   07:42 PM PDT
 
Thanks banget. Ini ngebantu brooo. Semoga admin, gue, dan semua yg disini bisa sukses breng.
andini larasati
June 27, 2014   05:49 AM PDT
 
makasih atas infonya kak..
sebenernya aku pengen masuk math pendidikan tapi, karna ada temen aku yang pengen itu juga dan karna ayah aku nggak mau aku jadi guru jadi aku mutusin pengen ngambil math murni. tapi aku masih takut, aku takut gagal
NameRikaa
June 7, 2014   06:44 PM PDT
 
Kak, yang ada matematika aktuaria di Universitas mana aja ya?
yasir
June 3, 2014   08:32 PM PDT
 
Assalamualaikum ..
maaf sebelumnya , mau minta pendapat nih ka ..
saya kan lulusan tahun 2013 , saya mau masuk kuliah tapi disaat mau masuk kuliah saya bingung mau masuk mata kuliah jurusan apa , tapi dalam hati ingin sekali belajar matematika dan saya pengen bisa dan tau tentang matematika ..
kalau menurut admin , bagaimana saya harus mempertimbangkannya ??
terima kasih sebelumnya ..
wassalam :)
Shinta Anggun Lestari
May 28, 2014   01:29 PM PDT
 
baru mau masuk tahun ini..makasiih infonyaa :-D ^_^
melfit
April 28, 2014   12:32 PM PDT
 
Wowww jd mkn smngtzzz mw amil mate_matika nh
Dini
March 9, 2014   02:27 PM PDT
 
terimakasih infonya kak.... :)
aina
March 7, 2014   03:25 PM PST
 
makasi kak, makin termotivasi ni ambil jurusan matematika :)
admin
January 31, 2014   08:03 AM PST
 
@hafidz: kalo sistem di uin jakarta sekarang bentuk peminatannya pake mata kuliah pilihan. kalo terapan udah ga ada krn sepi peminat kayaknya, sekarang adanya statistik, komputasi, dan aktuaria juga ada di smt 7
admin
January 31, 2014   08:03 AM PST
 
@hafidz: kalo sistem di uin jakarta sekarang bentuk peminatannya pake mata kuliah pilihan. kalo terapan udah ga ada krn sepi peminat kayaknya, sekarang adanya statistik, komputasi, aktuaria juga ada di smt 7
admin
January 31, 2014   07:59 AM PST
 
@ayuu: nyambung kok, karena matematika terapan juga harus jago bikin simulasi komputer, kalo di bandung matematika unpad ada tuh mtk terapan.

@evi: ga usah takut, kalkulus juga masih matkul "pemanasan" di matematika. Ntar kalo udah ketemu analisis real dan aljabar abstrak itu baru seru. well, kalo udah suka, apapun matkulnya ya enak2 aja.
Kuliah di jurusan matematika emang harus kuat karena dosen2nya kebanyakan perfeksionis dan penggunaan bahasa logika tidak boleh salah sedikitpun. Tapi hasilnya, lulusan matematika emang paling terdepan masalah analisis dan bisa kerja di berbagai bidang
admin
January 31, 2014   07:45 AM PST
 
@fathy: untuk prospek kedepannya, setau saya yg lagi banyak diincar itu matematika aktuaria, jadi sebaiknya pilih matematika aja trus pilih konsentrasi aktuaria (keuangan). selain itu lulusan matematika daya analisisnya lebih kuat dibandingkan lulusan statistik
admin
January 31, 2014   07:39 AM PST
 
@yuni: kalo jurusan statistik kamu maunya yg berorientasi ke kerja atau riset? kalo kerja mending pilih STIS (sekolah tinggi ilmu statistik), tp kalo ke riset mending pilih IPB atau ITS, UGM.

@ansith: salam kenal juga :) aamiiin..... saya doain semoga semangatnya kebawa ampe kuliah di jurusan matematika :D
hafidz
January 8, 2014   07:03 PM PST
 
Ka, kaka kuliahnya di uin jakarta ya ? Kalo di uin jakarta ada matematika terapannya ga ka ? Terus aktuarianya ada ga ? Saya tertarik sama matematika aktuaria
fathiy
January 8, 2014   04:26 PM PST
 
maaf mau tanya, tapi untuk prospek kerja ke depannya itu bagus statistika atau matematika murni?
admin
November 26, 2013   06:42 AM PST
 
@sherly: susah/mudah itu relatif sih, sebenarnya ga susah tp butuh berfikir lebih dari jurusan lain, soalnya analisanya sering diasah. Hasilnya, anak matematika bisa kerja di lapak jurusan lain karena kemampuan analisisnya paling baik. Kita bisa kerja di bidang IT, ekonomi, kesehatan, industri, dll

Cuma di matematika lo kamu bisa kerja di bidang apa aja :D
ansith
October 29, 2013   11:01 AM PDT
 
salam kenal...
jazakumullah khoir infonya, jadi semangat 45 mau masuk jurusan matematika.. minta doanya aja yaaa.. sukses selalu...
yuni
October 20, 2013   12:44 PM PDT
 
afwan.. law statistika bagusnya masuk universitas apa ya kak....???
yuni
October 20, 2013   12:42 PM PDT
 
afwan kak. law statistika bagusnya masuk universitas apa yaa kak,.,,,??
yuni
October 20, 2013   12:40 PM PDT
 
kalw skolah statistika bagusnya masuk mana yaa..???
makasyyyyy
Ayuu
October 13, 2013   10:36 AM PDT
 
Ka saya ingin masuk jurusan matematika terapan ? Adanya dimana ya klo dibandung ? Terus nyambung ga ? Soalnya saya smk ngambilnya komputer program . Terimakasi :)
eyi
October 12, 2013   09:47 PM PDT
 
aku masih takut loh kak,,, masuk murni apalagi kalok sudah ketemu dengan kalkulus
sherly
October 12, 2013   04:26 PM PDT
 
hm.. ngambil matematika murni itu susah gax sich ?
soalnya pengalaman saya duduk di bangku SMA kelas 2 , sya tidak terlalu paham karena gurunya yang tidak mengenakan...1 tahun saya tak mengerti pelajaran itu ?
admin
October 3, 2013   07:09 PM PDT
 
Almira, egi, zakiya:
Salam kenal, saya sekarang smt 5 di matematika uin jakarta, silahkan dishare dan disebarkan seluas-luasnya :D, biar pada tau kalo jurusan matematika itu bkn buangan, melainkan jurusan terdepan, hehe :D
Kalo mau jadi dosen, bisa aja sih s1, tp ga jadi dosen tetap, dan cm di matkul tertentu
admin
October 3, 2013   07:03 PM PDT
 
@Reshaita: biasanya itu dr peminatan murni, terutama analisis. Disitu analisis realnya yg hrs kuat. Saya juga tertarik
disitu :)
Hida yatih: welcome to the math world :D
Bella & nz_I: ayo, masuk matematika, ga hrs ipa sih, tp tes masuknya harus di ipa (jadi sbmptnnya pilih ipa)
admin
October 3, 2013   06:56 PM PDT
 
Putri & afrida: semoga sukses dan kuliah di matematika ya :) tesnya sama aja kok kayak jurusan lain. Apa sekarang udah kuliah ya? Maaf ya, admin telat jawabnya
admin
October 3, 2013   06:49 PM PDT
 
Wow, udah jarang bk blog admin jadi
kaget banyak yg baca artikel ini, hehe
Sabar ya, mimin jawab satu-satu
zakiya
October 1, 2013   12:44 PM PDT
 
saya pengen masuk matematika murni, tpi klo mau jadi dosen harus s2, klo sya hanya s1 bisa jadi pa,,,??
:-)
Egi Irwan
August 12, 2013   02:04 AM PDT
 
setuju bangt.. adminnya kuliah di matematika mana?
Egi Irwan
August 12, 2013   02:03 AM PDT
 
setuju bangt.. adminnya kuliah di matematika mana?
Almira
August 10, 2013   12:51 PM PDT
 
Assalamu'alaikum..

Izin share ya..
Aku juga pecinta matematika,
seneng rasanya, tau kalo banyak yg suka matematika. Soalnya banyak anggapan kalo mipa itu jurusan buangan..

Salam kenal..
nz_l
August 2, 2013   02:38 PM PDT
 
pengen banget nih masuk matematika.
BELLA
July 23, 2013   08:38 PM PDT
 
kalo jurusan matematika harus dari upa ya ? dari ips bisa gak ?
HIDA YATIH
July 23, 2013   03:04 PM PDT
 
HEHE KARANG Q JG BARU2 LULUS MATEMATIKA MURNI
@reshaita
July 21, 2013   02:18 PM PDT
 
MAKASIH BANYAK TETEH.., mw nanya klo aku sukanya matematika bagian pemikiran matematika (kyk orang2 yang bikin soal olimpiade gitu) itu masuknya kemana??
Afrida
July 5, 2013   12:22 PM PDT
 
@uhat_klo mau msug jrsan matematika thu ,,tes'nya apa aj sih kak??
putri
February 20, 2013   11:23 PM PST
 
wah, mksih y kak tz info'y
sy smkin trtrik pngen kuliah jrusn matematika, walaupun prsaingan'y sulit, akn sy cba, mdh2n berhasil, amiin.. :)
putri
February 20, 2013   11:21 PM PST
 
wah, mksih y kak tz info'y
sy smkin trtrik pngen kuliah jrusn matematika, walaupun prsaingan'y sulit, akn sy cba, mdh2n berhasil, amiin.. :)
admin
January 2, 2013   04:30 PM PST
 
@hana: kenapa ragu? memang d matematika agak sulit (bknnya semua jurusan jg gitu ya?) kuliah di matematika ga harus yg pinter bgt, ber-IQ tinggi, dan unggul d otak kiri. saya sendiri IQ biasa aja dan klo blajar jg sk gunain otak kanan drpd otak kiri.
Modal utamanya itu suka, klo udah suka matematika kamu pasti bisa kok! ok ^^v
admin
January 2, 2013   04:23 PM PST
 
@uhat: oh... dr pendidikan mtk... ya, emang menantang, tp mengasyikkan kan? hehe... :D
hana
December 28, 2012   03:25 PM PST
 
udah niat pngen ngmbl matematika, tp msh ragu bkal mampu ap nggk nih...
uhat
December 17, 2012   07:32 PM PST
 
sya lagi belajar di pendidikan matematika,,wlwpun sulit tapi menantang nyali loh,,,
admin
October 31, 2012   05:04 AM PDT
 
@Arum: ok, sama2. makasih jg udah main ke blog ini :D Ayo SEMANGAT!!! Matermatika satu-satunya bidang yg bisa masuk ke bidang manapun, krn matematika ratu sekaligus pelayan ilmu ^^
arum
August 29, 2012   10:02 PM PDT
 
keren kak postingannya, jadi lebih termotivasi ketika masuk ke bidang matematika, nambah semangat baruu , terimakasih ^^
admin
July 12, 2012   02:10 PM PDT
 
@andika: ssiiipp... hahaha... AYO KITA MAJUKAN MATEMATIKA INDONESIA!!! ;)
andika
July 8, 2012   11:05 AM PDT
 
promosi anda berhasil kak :D
admin
March 23, 2012   08:30 PM PDT
 
fadhli: syukron
Maidah: aamiiiin.... ya mujibadda'wah
All: silahkan dicopas teman-teman :)
jazakumulloh khoiron atas kunjungannya. Jangan lupa main2 lagi ya, hehe ^^
mare
March 21, 2012   11:27 PM PDT
 
utiiiiihh, copas yaa neng buat tugas, ahaha
Maidah Alfuadiyah
March 21, 2012   03:15 PM PDT
 
utiiiihhhhhhhh....
izin copas ya buat tugas praktik dasar...
terima kasih..
semoga ilmuny bermanfaat..
dan hal yang ditargetkan terwujud.. aamiin.. :)
fadhli
March 21, 2012   02:03 PM PDT
 
baguusssss
timmy
March 20, 2012   04:05 PM PDT
 
utih izin mau copas ya,
bintang
March 19, 2012   08:58 PM PDT
 
izin copas ya tih, makasi :D
bintang
March 19, 2012   08:56 PM PDT
 
izin copas ya tih,, buat tugas. makasi..
admin
March 15, 2012   10:21 PM PDT
 
@light: iya dong... sekalian promosi jurusan matematika :D
kali aja ada anak SMA yg galau mau milih jurusan apa jadi tertarik sama matematika, hehe..
admin
March 15, 2012   10:15 PM PDT
 
@panbers: kata kakak tingkat saya sih SEMUA ALUMNI MATEMATIKA DARI PEMINATAN APA PUN BISA KERJA DI BANK :) Insya Allah bisa di semua bank
admin
March 15, 2012   10:12 PM PDT
 
@fi R2: maaf sebelumnya, saya tdk tau banyak. menurut informasi, bedanya ya di mata kuliahnya. di jurusan statistika, tentu saja pembahasan statistikanya lebih dalam daripada jurusan matematika. Tapi, saya yakin kok kalo statistikawan dr jur matematika tdk kalah saing dari jur statistika sendiri, semangat ya!! jgn ragu memilih matematika sebagai jurusanmu
Light
March 15, 2012   09:54 PM PDT
 
haahahahah... utih udah stand by nih always ada info...
thx
Panbers
February 24, 2012   03:39 PM PST
 
peminatan yg bisa masuk ke bank yang mana aja? apa semua bank mau menerima alumni s1 matematika?
Fi R2
February 21, 2012   11:19 PM PST
 
mau nanya, bedanya ngambil jurusan statistika sama matematika tp ntar ngambil peminatan statistika apa ya? Apa sama saja?
 

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry

math-melody
Female
Pekanbaru
My Profile My Profile My name is Utih. I live in PekanBaru, Riau, Indonesia. I'm going to be a mathematician (Insya Allah, Aamiiin).
Let's enjoy this blog, then fill the guest book & write your comment, ok




   

<< February 2012 >>
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
 01 02 03 04
05 06 07 08 09 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29


If you want to be updated on this weblog Enter your email here:



rss feed